Dengan Anggaran Rp7 M Bupati Rohil Siapkan Hutan Kota Jelang MTQ Riau 2021 di Rohil

Radarandalasnews.com – Kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah perhelatan Musabakoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau di tahun 2021 mendatang sepertinya ditangapi serius oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp. Salah satu bentuk keseriusan tersebut dengan di jadikanya Hutan Kota dalam kurun waktu satu tahun anggaran di 2020 ini.

Tepat 28 Januari lalu Bupati Rokan Hilir meresmikan Hutan Kota yang berlokasi di kawasan Komplek Perkantoran Batu Enam. Walaupun tidak banyak pejabat dan undangan yang hadir namun, priya lulusan IPDN ini pada kesempatan itu menegaskan mengangarkan dana sebesar Rp7 milyar guna memoles hutan yang ditumbuhi pepohonan ini agar menjadi cantik dan menjelma sebagai lokasi wisata.

“Saya terkesima melihat hutan kota yang selama ini di kelola oleh pihak DLH ini. Agar lebih cantik kita akan alokasikan dana Rp7 milyar untuk membangun lokasi ini tahun anggaran 2020 ini,” kata bupati. Diakuinya, adapun alasan membangun kawasan hutan kota tersebut guna mendukung pelaksanaan MTQ Riau yang nantinya akan dilaksanakan di Rokan Hilir tepatnya di Bagansiapiapi.

“Hutan Kota ini kan berlokasi di Batu Enam Bagansiapiapi. Nah, saya rasa sudah pas bila kita bangun. Nanti, peserta yang berasal dari Kafilah Kabupaten/ Kota yang datang bisa menikmati dan bersantai sembari berselfi ria di kawasan hutan kota ini,” jelas bupati. Diterangkan bupati, melalui pihak DLH kawasan Hutan Kota ini nanti akan di bangun pondok-pondok tempat orang beristirahat dan tempat keluarga santai makan-makan.

Tak hanya itu lanjutnya, di pohon-pohon yang ada juga akan di bangunkan rumah-rumah pohon yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berselfi ria. “Nanti orang yang datang bisa selfi-selfi disini,” sebut bupati. Tak hanya itu saja, danau buatan yang sudah ada di kawasan ini nantinya juga akan di tingkatkan, diperlebar dan akan di masukan beraneka jenis ikan. Agar pengunjung bisa melihat ikan sambil melihat pemandangan juga akan di adakan sejenis sepeda air.

“Di bagian depan nanti akan dibuat gerbang dan tulisan Love Bagansiapiapi, air terjun buatan seperti di Malaka Malaysia. Air terjun di sana itukan buatan manusia nah, nanti akan kita bangunkan di bagian depan kawasan Hutan Kota ini,” ungkapnya sembari mengaku ada banyak bangunan lainya guna mempercantik kawasan Hutan Kota ini.

“Semua ini kita lakukan sebagai persiapan pelaksanaan MTQ Riau di Rokan Hilir 2021 mendatang. Tak hanya, Hutan Kota saja yang di persiapan, di tahun 2020 ini diakui Suyatno semua dinas sudah diarahkan untuk mengangarkan mempercantik kota Baganaiapiapi pada anggaran perubahan 2020 guna persiapan menghadapi MTQ Riau.

“Saya ingin jalan ditingkatkan, kemudian taman budaya yang merupakan lokasi pusat pelaksanaan MTQ juga lebih ditingkatkan lagi, di pres. Kepada seluruh dinas kita harapkan bisa menunda kegiatan lainya dan fokus pada persiapan kita menghadapi MTQ,” pinta bupati.

Tak lupa kepada maayarakat khuausnya yang memiliki jiwa datang bupati menghimbau agar bisa mempersiapkan pernak-pernik souvenir dan kuliner yang bisa di jual saat MTQ berlangsung.

“Banyak yang bisa dijual, baju berlogo MTQ misalnya, boleh. Baju bertuliskan Love Bagansiapiapi bisa, kuliner tradisional dan modren, sovenir dan lain sebagainya. Jangan sia-siakan kesempatan ini, manfaatkan sebaik mungkin karena ini kesempatan untuk menambah penghasilan masyarakat setempat,” papar bupati. (DL)

Related posts

Leave a Comment