Buka MTQ ke – XVII Rokan Hilir, H.Suyatno Sekaligus Lantik Dewan Hakim dan Majelis Hakim MTQ

ROKAN HILIR (RIAU), RADARANDALSNEWS. COM- Buka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – XVII tingkat Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021. Bupati Rohil H. Suyatno AMP sekaligus melantik Dewan Hakim dan Majelis Hakim, pada Selasa (6/4/2021) sekira pukul 15:06 WIB.
Tampak hadir dalam acara yang digelar di gedung serba guna Misran Rais Jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi ini, diantaranya, Wakil Ketua DPRD Rohil Basirun Nur Efendi, sekdakab Rokan Hilir, para Dewan Hakim dan Majelis Hakim, serta kafilah- kafilah yang datang dari semua kecamatan se-kabupaten Rokan Hilir.
Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan trophy bergilir dari juara tahun lalu, kecamatan Bagansinembah yang diserahkan oleh camat Sakinah kepada bupati Rokan Hilir H.Suyatno. Selanjutnya trophy tersebut diserahkan kepada Ketua Panitia Pelaksana MTQ, Drs H.Ferry H.Parya, Msi.
“Tadi pelantikan Dewan Hakim MTQ ke XVII. Semua peserta MTQ berjumlah 430 orang,” terang H.Suyatno.
Bupati Rokan Hilir ini berharap melalui MTQ Rohil memiliki Qori dan Qoriah yang layak untuk diikutsertakan pada lomba tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional.
Menurutnya, harapan tersebut bukan tidak beralasan, pasalnya Rohil sudah terbukti dengan mengutus 9 orang putra-putri Rohil mewakili provinsi Riau mengikuti MTQ tingkat Nasional tahun lalu.
H Suyatno AMP optimis bisa dan yakin dengan potensi putra putri terbaik daerah Rokan Hilir mampu dan Rohil dalam mengirimkan utusan tersebut tanpa perlu mendatangkan Qori dan Qoriah dari luar Rohil.
“Sembilan orang yang mewakili Provinsi Riau itu asli anak Rokan Hilir. Tidak ada ngebon sana sini. Ini menunjukkan bahwa Rokan Hilir itu mampu untuk berjuang,” tuturnya yakin.
Selain itu, sehubungan acara MTQ berlangsung ditengah wabah pandemi Covid-19, H. Suyatno berharap Kepada semua pihak yang terlibat dalam acara, baik peserta dan pengunjung senantiasa agar tetap mengutamakan dan mengikuti prosedur aturan protokol kesehatan.
“Karena saat ini masa pandemi Covid 19 makanya MTQ saat ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Para peserta harus jaga betul-betul,” kata H. Suyatno.
Oleh sebab itu, sambungnya lagi, MTQ ke XVII Rohil ini dibuka secara sederhana, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun hikmat dan berlangsung sangat meriah.
“Meskipun tidak ramai masyarakat yang hadir seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Jelasnya untuk tahun ini MTQ sudah kita laksanakan,” imbuhnya.
Saat ditanya lamanya acara MTQ ke XVII ini digelar dan dilaksanakan berapa titik? Dijelaskannya, acara dilaksanakan di beberapa Masjid dan diperkirakannya berlangsung selama 5 hari, mulai hari ini hingga tanggal 11 April 2021.
“Pelaksanaan lomba MTQ ke-XVII ini ada beberapa titik, diantaranya di Masjid Raya, Masjid Agung dan tempat lain-lainnya, dan H-2 Jelang puasa ini sudah selesai,” jawab H. Suyatno AMP.
“Pelaksanaan waktu tersebut jika perlu bisa diperingkas lagi. Karena sebelum puasa tentunya masyarakat akan melaksanakan ziarah ke kuburan dan silaturahmi dengan keluarga,” ujarnya.
Terakhir, Dalam kesempatan ini bupati Rohil H.Suyatno menjelaskan bahwa pada tahun ini merupakan tahun yang menjadi masa akhir kepemimpinannya, begitu juga dalam pelaksanaan festival maupun lomba MTQ ini. Jadi ia minta LPTQ Kabupaten Rokan Hilir untuk meningkatkan anggaran guna membantu para kafilah.
  • “Saya minta kepada LPTQ Kabupaten Rokan Hilir agar bisa menyisihkan sedikit bantuan, disamping bantuan pemerintah daerah yang sudah kita anggarkan. Kita minta dari LPTQ agar membantu para peserta, kafilah kita. Minimal nanti ada tambahan anggaranlah. Begitu juga kepada dewan hakim ada tambahan anggaranlah. Itu sumber dananya dari LPTQ. Saya sudah sepakat tadi. Saya minta kepada ketua LPTQ segera menambah anggaran untuk dewan hakim dan untuk peserta MTQ. Inilah sebagai kenang-kenangan saya,” pungkasnya** (radarandalas redaktur) *
255 Kali Dibaca :

Related posts

Leave a Comment