Dengan Pelaksanaan MTQ Sekabupaten Rokan Hilir, Qori dan Qori’ah Rohil diharapkan Mampu Untuk Meraih Juara Umum MTQ Tingkat Propinsi Riau  dan Nasional

Advetorial | radarandalasnews.com |

ROHIl RIAU – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah festival keagamaan Islam yang diadakan mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga dengan tingkat nasional dan bahkan internasional, yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada festival ini, peserta berlomba mengaji Al-Qur’an dengan menggunakan Qira’at.

Pada tahun 2023 ini Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kembali mengelar kegiatan MTQ untuk ke-XVlll yang di buka secara langsung oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP, M.Si tepatnya Minggu malam (17/12/2023) bertempat di lapangan MTQ Taman Budaya Batu Enam, Bagansiapiapi

Sebanyak 491 kori dan koriah terbaik yang berasal dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil ikut ambil bagian menjadi peserta dalam ajang keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan kepada Alquran dalam rangka membangun kepribadian masyarakat yang berakhlakul karimah, meningkatkan silaturahmi dan terjalinnya ukhuwah islamiyah ini.

Selain hal itu, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rohil ini juga bertujuan untuk menyeleksi peserta yang nantinya akan di ikutkan pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan di pusatkan di kota Dumai tahun 2024 mendatang.

Astaka MTQ yang megah bernuansakan Masjid bernuangsa Melayu yang di semarakkan dengan lapu hias di saat malam pembukaan MTQ sempat membuat takjub Asisten l Sekda Provinsi Riau, Masrul Kasmy yang hadir pada acara itu sebagai perwakilan Gubernur Riau.

“Kami menilai malam ini adalah pelaksanaan MTQ yang paling rapi yang pernah diadakan. Bahkan rasanya seperti pembukaan MTQ tingkat Provinsi,” kata Masrul Kasmy ketika memberikan sambutan saat acara pembukaan tersebut berlangsung.

MTQ senantiasa memiliki daya tarik dalam kehidupan masyarakat dan menjadi syiar keagamaan yang efektif. Penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten yang setiap tahun dilaksanakan tentu tidak semata-mata untuk kompetisi atau berlomba membaca Alquran sahaja, sebutnya.

Namun lebih dari itu, diharapkan MTQ ini dapat mengedukasi masyarakat untuk mencintai dan memahami serta mengamalkan ajaran Alquran dan meningkatkan kesadaran beragama serta memperkuat ukhuwah islamiyah, harapnya..

“Pelaksanaan MTQ senantiasa menumbuhkan cinta dan meningkatkan serta menggairahkan masyarakat mempelajari dan memahami Alquran sebagai pedoman hidup. Oleh karena itu, atas nama pemerintah provinsi Riau kami menyampaikan apresiasi atas pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Rohil ini,” ungkapnya.

Kabupaten Rohil yakinya akan dapat kembali meraih juara umum pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggarakan di Kota Dumai paa 2024 nantinya bila dilihat dari semua persiapan atas pelaksanaan MTQ ke-XVIII Kabupaten Rohil ini. .

Sementara itu, terselengaranya kegiatan keagamaan ini tentu tak terlepas dari peran serta kerjasama dari semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan pembukaan MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Rohil ini, aku Bupati Rohil, Afrizal Sintong. .

Pelaksanaan MTQ ini juga menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan peserta yang akan menjadi utusan Kabupaten Rohil pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau pada 2024 mendatang, terang orang nomor satu di Kabupaten Rohil ini.

Dengan sorotan lampu yang terang, tertuju kearahnya yang tengah berdiri menyampaikan sambutan, Bupati menyampaika rasa bangga dan ucapan terimakasih kepada seluruh Camat karena telah mengirimkan peserta.

“Atas nama pemerintah daerah kami sangat bangga dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh camat,” kata Bupati sembari mengingatkan saat menjadi tuan rumah pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang lalu, Kabupaten Rohil mampu meraih juara umum meski dengan persiapan yang begitu terbatas.

Akan tetapi keluhnya, pada saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu, Kabupaten Rohil hanya mampu mendapatkan juara lll. Oleh karna itu, Bupati di kesempatan itu meinta agar semua pihak mematangkan seluruh persiapan untuk menghadapi perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau 2024.

“Kabupaten Rohil harus mampu untuk kembali meraih juara umum. Semua kori dan koriah terbaik yang terpilih melalui pelaksanaan MTQ ke-XVIII ini akan kita kirim untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau di Dumai nanti,” tegas Bupati. (Advetorial)

Related posts