Gerak Cepat, Pemda Rohil Bawa masuk investor luar Negeri sebesar 7 triliun ke Rohil

Radarandalasnews.com, Pekanbaru – Setelah bertahun-tahun jalan di tempat, kini perekonomian masyarakat Kabupaten Rokan Hilir bakal kembali menggeliat. Lobi-lobi bisnis investasi gencar dilakukan duet Bupati H. Afrizal Sintong, SIP dan Wakil Bupati H. Sulaiman, S.S, MH, telah mulai membuahkan hasil.

Terbaru yang sangat menggembirakan bagi masyarakat Rohil, sebuah perusahaan Korea Selatan yang bergerak di bidang industri, pertambangan, infrastruktur dan agrikutural, PT. Petras telah mulai berinvestasi di Rokan Hilir dengan nilai investasi mencapai 7 triliun rupiah.

Terkait hal itu, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, mengungkapkan bahwa PT. Petras akan membangun kawasan industri di Desa Sintong, Kecamatan Tanah Putih, Rohil di atas lahan seluas 100 hektar.

“Saat ini proses ganti rugi lahan masyarakat sedang berlangsung di notaris dan BPN. Kita targetkan dua bulan ke depan proses ganti sudah selesai sehingga pihak investor dapat memulai pembangunan kawasan industri tersebut,” kata Bupati yang akrab disapa Epi Sintong tersebut kepada wartawan pada, Kamis (20/01/2022) di Pekanbaru.

Menurutnya, kawasan industri PT. Petra, akan dibangun Pabrik Kelapa Sawit, B30 (biosolar30) serta pabrik hilir sawit seperti shampoo dan sabun. Termasuk Industri peleburan baja juga termasuk yang akan dibangun PT. Petra di Kawasan Industri di Rokan Hilir tersebut.

Setelah ganti rugi lahan, lanjut Epi Sintong, Pembangunan kawasan industri sudah bisa dimulai dengan lama pembangunan sekitar dua tahun.

“Ya, diharapkan tahun 2024 mendatang, kawasan industri yang dibangun PT. Petras sudah mulai bisa berproduksi,” harap Mantan Anggota DPRD Rohil dan pengusaha sektor perkebunan tersebut.

Bagi Rokan Hilir sebutnya, kehadiran investasi bernilai tiliunan rupiah tersebut tentu saja akan mengangkat perekonomian masyarakat di Negeri Seribu Kubah itu.

Apalagi perusahaan Korea ini membutuhkan sekitar 4.000 tenaga kerja untuk menjalankan berbagai bisnis di kawasan industri yang mereka bangun. “Jadi bagi Rokan Hilir ini bisa sedikit mengurangi angka pengangguran,” ungkap Afrizal Sintong.

Berdasarkan data statistik BPS Riau, jumlah pengangguran di Rokan Hilir pada tahun 2021 mencapai 9.851 orang. Guna mendukung infrastruktur yang lebih baik di Rohil, khususnya Desa Sintong, sebuah jembatan sepanjang 120 meter juga akan dibangun PT Petras.

Ia mengungkapkan sumber dananya berasal dari pinjaman PT Petras, senilai 120 miliar rupiah yang akan dicicil Pemkab Rohil selama 5 tahun.

“Jembatan itu desainnya langsung dari Korea. Kemarin kita juga masukkan desain dari kita. Tetapi tidak sesuai menurut mereka, sehingga dibuat desain jembatan dari Korea. Jembatan itu sepanjang 120 meter dan dibangun tanpa tiang,” ungkap Bupati Rohil.

Kemudahan berinvestasi di Rokan Hilir termasuk dalam salah satu visi dan misi pasangan Afrizal Sintong – Sulaiman ketika maju dalam Pilkada Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020 lalu.

“Dalam artian kita bantu pengurusan izin-izin usaha para investor dan itu tidak memakai biaya,” tutur Afrizal Sintong.

Selain PT Petras sebut Afrizal, kini sejumlah investor juga sedang menjajaki investasi di Rokan Hilir. Kebanyakan perusahaan itu bergerak di bidang pabrik kelapa sawit.

“Nanti juga ada perusahaan dari Cepu yang akan berinvestasi di sektor pengolahan minyak mentah,” pungkas Bupati Rohil itu meyakinkan.***(dl)

 

102 Kali Dibaca :

Related posts

Leave a Comment