Inilah Toko Roti Legendaris dari Rohil, Usianya Sudah 70 Tahun tapi Tetap Eksis

RADAR ANDALAS NEWS.COM – ROKAN HILIR Tak banyak usaha kuliner khususnya roti yang bisa bertahan, apalagi di kota kecil, Bagansiapiapi, ibukota Rokan Hilir, Riau. Dari banyaknya toko roti yang tumbuh dan mati, ada satu toko roti yang hingga sekarang masih tetap eksis di Bagansiapiapi, yakni Toko Roti Asia.

Bagi orang Bagansiapiapi, toko roti ini sangat familiar, berdiri tahun 1950 dan tahun 1952 mendirikan pabrik roti dengan nama yang sama, toko roti ini awalnya dirintias oleh almarhum Mok Lie Yan. Namun kini Mok Lie Yan sudah tiada, namun usaha rotinya masih dikenal karena diteruskan oleh anaknya, Jonny.

Dulunya, toko roti ini berada di Pajak Ikan yang kemudian berubah nama Pasar Pelita. Toko roti ini tidak hanya menjual roti dan kue, tapi juga langsung menjadi pabrik roti. Sekarang, toko roti itu sudah berkembang dan berhasil membuka toko baru.

Minggu (28/2/2021), Jonny — penerus nama besar Mok Lie Yan — menggelar grand opening toko roti barunya dengan nama Toko Asia Bakery terletak di Jalan Sungai Garam Nomor 7A Bagansiapiapi. Toko Asia Bakery merupakan cabang toko Asia yang didirikan ayahnya di Pasar Pelita tahun 1950 lalu.

Namun beda dengan Toko Asia Bakery, Jalan Sungai Garam, toko baru ini didesain moderen bernuansa baru sesuai zaman now untuk memanjakan konsumen berbelanja dan pelangganya. Jonny menyebutkan, dibukanya cabang toko Asia Bakery dan grand opening merupakan jawaban untuk konsumen dan pelanggan sesuai kondisi saat ini.

“Toko Asia dirintis almarhum bapak tahun 1950, tahun 1952 berdiri pabrik roti yang mengolah berbagai jenis kue dan makanan ringan dan berlanjut sampai kini,” aku Jonny.

Bagi Jonny, Toko Asia sangat dekat di hati masyarakat Bagansiapiapi. Pesanan datang setiap hari dan semakin banyak saat Idul Fitri, Tahun Baru, Imlek dan hari-hari besar lainya. “Toko roti Asia sudah sejak lama mengantongi label halal dari Majelis Ulama Indonesia,” jelasnya.

Saat grand opening Toko Asia Bakery, Jalan Sungai Garam 7A turut hadir Camat Bangko H Rijalul Fikri dan Jonny Afrizal, dan tokoh-tokoh masyarakat Bagansiapiapi lainnya. “Jonny, pemilik dan penerus Toko Roti Asia bagi masyarakat Bagansiapiapi dikenal dermawan, gemar membantu untuk kegiatan sosial,” ujar Jhony Afrizal.

205 Kali Dibaca :

Related posts

Leave a Comment