Jahari Sitepu: Apabila Ketahuan Sama Saya, Maka Bersiaplah untuk Dicopot

Radarandalasnews.com, PEKANBARU – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau Mhd Jahari Sitepu mengeluarkan peringatan tegas bagi para aparatur sipil negara (ASN) di instansi yang terbukti melakukan pungutan liar dan korupsi.

Jahari Sitepu memastikan bahwa ASN Kemenkumham Riau yang terbukti melakukan pungli dan korupsi, akan segera dipecat.

“Apabila ketahuan sama saya masih ada yang coba-coba bermain (pungli dan korupsi), maka bersiaplah untuk ditarik dan dicopot,” kata Jahari Sitepu, di Pekanbaru, Jumat (8/4).

Jahari menegaskan itu di hadapan seluruh kepala UPT Keimigrasian yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau untuk memastikan jajaran telah bekerja sesuai aturan.

Dia mengatakan jajaran Keimigrasian wajib bekerja dengan penuh integritas, menjauhi penyalahgunaan wewenang dan tidak pernah terlibat pungli serta gratifikasi.

ADVERTISEMENT

Menurut dia, sebentar lagi Riau akan memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi. Seluruh kegiatan akan kembali normal.

Bandara dan pelabuhan internasional juga akan segera dibuka. Begitu juga pintu-pintu perbatasan dengan negara tetangga.

Oleh karena itu, Jahari meminta seluruh jajaran diharapkan bersiap-siap, jangan terbawa masa pandemi yang semua serba dibatasi.

Kakanwil Kemenkumham Riau Jahari Sitepu mengingatkan ASN di instansi itu akan dipecat apabila terbukti pungli dan korupsi.
Jahari menambahkan terkait beberapa gerbang internasional di Riau yang akan segera dibuka dalam minggu mendatang, seperti Pelabuhan Internasional Dumai, maka seluruh Kantor Imigrasi mempersiapkan hal-hal yang diperlukan demi kelancaran proses pengawasan lalu lintas orang pada batas negara.

“Kalian semua anak-anakku, baik-baik saja bekerja. Jangan berbuat macam-macam. Aktifkan Tim Pora. Kalau memeriksa dokumen Keimigrasian jangan mencari kesalahan orang. Ingat, jangan mau disuap, jaga nama baik kementerian ini,” katanya.

Mengenai upaya antisipasi penyebaran Covid -19, Jahari mengingatkan seluruh insan Imigrasi untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kepada tata usaha, mohon anggaran untuk pencegahan penyebaran Covid-19 seperti membeli masker, obat-obatan, vitamin dan lainnya, untuk segera dipercepat. Ini demi kelancaran petugas di lapangan serta perlindungan terhadap petugas,” ungkap Jahari Sitepu.

Selain itu, Jahari berpesan seluruh kepala kantor untuk melaporkan apa saja yang terjadi di wilayah wewenang masing-masing.

Jangan mengambil keputusan sendiri, tetapi laporkan dan minta arahan kepada pimpinan agar nanti tidak disalahkan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Sekali lagi saya tekankan, bekerjalah sesuai SOP. Jangan coba-coba bermain api. Kalau ada yang membangkang, laporkan ke saya, biar saya bina,” kata kakanwil kepada kepala UPT. (Az)

238 Kali Dibaca :

Related posts

Leave a Comment