Kabar Gembira..!! Bagi Masyarakat Yang Masuk Dalam Kategori Penerima BLT Daerah Akan Lounching Perdana Di Bulan Desember 2022

 

ROKAN HILIR | radarandalasnews.com | -Bupati Rohil, Afrizal Sintong Sip telah menganggarkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Pemerintah Daerah (Pemda) sebesar Rp58 Milyar di tahun anggaran 2022 ini, dimana dana tersebut akan di peruntukan bagi 28 ribu Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. BLT program Pemda tersebut merupakan wujud dari janji politik Bupati dan Wakil Bupati Rohil saat ini.

Belakangan ini banyak muncul pertanyaan dari masyarakat terkait janji politik Afrizal Sintong Sip dan H Sulaiman SS MH bupati dan wakil bupati Rohil saat ini yang di sampaikan kepada masyarakat saat massa kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Rohil 9 Desember 2020 lalu, di mana saat itu keduanya merupakan pasangan calon nomor urut 4.

Pertanyaan janji politik itu di sampaikan masyarakat salah satunya melalui media sosial yakni Facebook. Bahkan pada beberapa akun Facebook pribadi ada yang menyampaikan pertanyaan lengkap dengan foto “KARTU 4M4N”. Apa yang telah di sampaikan oleh bupati terkait dengan BLT bantuan Pemda sebesar Rp58 Milyar untuk 28 ribu KK tersebut barang kali telah menjawab pertanyaan dari masyarakat tersebut.

“Untuk itu bupati rohil afrizal sintong SIp secara detil menyampaikan bahwa untuk bantuan bagi masyarakat kurang mampu sudah kita anggarkan tahun ini, dan ini sudah memasuki proses Tahap Realisasi , insha Allah Tanggal 7 Desember 2022 Program Kita tersebut Akan lounching Perdana Ungkap Bupati Rokan hilir melalui akun Whatsapp pribadi nya dan secara jelas menyampaikan hal tersebut melalui awak media ini. minggu tanggal 4 desember 2022 Pukul 13.15 Wib.

Berlanjut Bupati Rohil Afeizal Sintong juga menjelaskan ” bahwa BLT bagi masyarakat kurang mampu tersebut realisasinya memang sangat rumit, melalui proses dan tahapan demi tahapan agar kita tidak melanggar aturan dan undang undang yang ada, terkait proses dan sasaran nya juga harus benar benar sesuai dengan Undang undangnya oleh karenanya bantuan tersebut barulah bisa kita salurkan. Setelah Penghulu dan Lurah menyerahkan nama-nama penerima bantuan ke Dinas Sosial ” sebut bupati

Di jelaskan bupati, yang namanya bantuan tunai tentu ada mekanisme dan tahapan yang harus dilalui. Seperti penerima tentu saja harus benar-benar diangap layak sesuai dengan kondisi kehidupanya.

Selain itu, BLT program Pemda yang sudah di tetapkan Rp250 tiap bulanya per KK sesuai janji politik ini tidak serta merta di salurkan begitu saja, karna ada persyaratan. “Untuk dana bantuan Rp250 ribu perbulan ini persyaratannya adalah penerima belum pernah menerima bantuan yang sama seperti BLT dan PKH,” ungkap bupati. Hal ini menyimpulkan bahwa bagi masyarakat yang sudah pernah menerima bantuan BLT dan PKH sebelumnya maka namanya tidak akan masuk dalam daftar penerima bantuan yang dananya bersumber dari APBD Rohil tersebut.

. “Untuk proses penyaluran dana bantuan ini kita melakukan kerjasama dengan pihak Bank Rohil,”dan juga Bank Riau Kepri, jelas bupati lagi.

Dari keterangangan salah satu Humas Bank yang menjadi mitra pemerintah kabupaten Rokan Hilir, bahwasanya pelaksanaan realisasinya kemungkinan ada dua yakni Bank Rohil dan juga Bank Riau Kepri, adapun Untuk wilayah beberapa kecamatan terdekat yakni kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar, T. Putih, T. Putih Sedinginan Bangko Pusako, Kubu dan Palika melalui Bank Rohil.

Adapun untuk kecamatan yang jauh dari Ibukota yakni Kecamatan simpang kanan, Basira, Bagan Batu, dan seterusnya penyaluran bantuan tersebut melalui Bank Riau Kepri,

Adpun mekànisme pencairan dana bany tersebut, pihak bank melalui petugas akan mendatangi seluruh Kepenghuluan dan kelurahan untuk membuatkan buku tabungan masing-masing penerima. “Jadi petugas bank Rohil dan juga bank riau Kepri nanti akan datang ke tiap Kepenghuluan dan kelurahan dan akan membuatkan buku tabungan sesuai nama pada data yang telah di ajukan. Buku tabungan yang akan di terbitkan itu juga harus sesuai dengan KTP penerima,” terangnya lagi

Saat di singung kapan pastinya BLT ini dapat di nikmati oleh masyarakat, oleh media ini bupati Rokan Hilih Afrizal Sintong, Sip” Mengatakan Harapan saya proses pembayaran nya bisa cepat paling tidak tahap awal lounching perdana ditanggal 7 Desember nanti bantuan tersebut bisa di cairkan Melalui Bank Bank yang menjadi mitra Pemerintah Daerah. Akan tetapi mengingat berkaitan dengan administrasi bisa jadi sedikit agak lama namun yang pasti tetap akan di cairkan, dan saya berharap sembari menghimbau kepada masyarakat bisa lebih bersabar,”tentunya ini juga merupkan kabar baik bagi masyarakat, semoga Apa yang saya janjikan kepda masyakat bisa saya tunaikan, ungkap bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong ,Sip.(Dul)

Related posts