SDN 010 Darussalam Kec. Sinaboi Siapkan Pelaksanaan Simulasi AKM

Radarandalasnews. Com (DARUSSALAM-ROHIL)-Sekolah Dasar Negeri (SDN) 010 Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), saat ini tengah mempersiapkan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) gelombang kedua yang dijadwalkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rohil, 30 Agustus mendatang.

Kepala SDN  010 Darussalam Suardi SP.d SD kepada radar, Kamis (26/8/2021)  menyampaikan,via Whatshap ada dua kompetensi mendasar dalam AKM nanti, yakni literasi membaca dan matematika (numerasi).

Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai PMP menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari.

Pada Asesmen Nasional ini terdiri dari tiga komponen penilaian, yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), survei karakter, dan survei lingkungan Belajar. “Nah, salah satu tes yang akan dikuti siswa kelas 5,” jelas Suardi.

Sedangkan AKM hanya mengevaluasi kualitas belajar. Evaluasi tersebut akan dipakai untuk perbaikan mutu pendidikan secara keseluruhan.

AKM yang telah dijadwalkan, gelombang pertama dilaksanakan tanggal 21 hingga September 2021. Sementara gelombang kedua 27 September hingga 2 Oktober 2021.

Diakui Misnarita, Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan secara daring semasa pandemi Covid-19 membuat rendahnya tingkat kesadaran siswa untuk belajar. Dikhawatirkan nilai yang didapat anak didk nantinya tidak memuaskan.(dl)

Related posts

Leave a Comment