Bupati Rokan Hilir didampingi Wakil Bupati dan Forkopimda Menyerahkan Jas Serta Uang Saku Kepada 270 Jamaah Manasik Haji

ROKAN HILIR – Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP secara langsung membuka bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten yang berpusat di Gedung Misran Rais, BaganSiapiapi – Selasa 09 Mei 2023.

Dalam bimbingan Manasik Haji yang bertemakan “Wujudkan Haji yang mandiri dan berkualitas sesuai syarat menuju Haji yang Mabrur” , Kemenag Rohil mendatangkan narasumber dari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau dan Kemenag Provinsi Riau.

Pembukaan Manasik Haji tingkat Kabupaten tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, anggota DPRD Rohil Hermawan, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kasi Intel Kejari Rohil Yopentinu Adi Nugraha SH, Ketua PKK Sanimar Afrizal, perwakilan KODIM 0321 Rohil, perwakilan Kemenag Riau Syahrudin, para kepala OPD, Kepala KUA serta berbagai unsur lain.

Ketua Panitia Hasbullah dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan Manasik Haji tingkat Kabupaten adalah kegiatan  rutin yang dilaksanakan setiap Tahun yang bersumber dari APBD.

Ia menjelaskan, “Kegiatan Manasik Haji tersebut diikuti
sebanyak 270 jamaah yang terdiri dari 114 jamaah laki-laki dan 157 orang jamaah perempuan yang berusia dari 18 tahun hingga 92 tahun yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei sampai 12 Mei 2023”.

Kakan Kemenag Rohil H Naini dalam sambutannya menyatakan bahwa, kegiatan Manasik Haji tingkat Kabupaten ini dilaksanakan dan di tanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah.

Untuk membekali jamaah lanjutnya, selain ada nya pendampingan petugas,  jamaah pun mengikuti beberapa agenda kegiatan  tingkat kecamatan dan terakhir akan dilaksanakan lagi oleh Kemenag di tingkat Kabupaten sekaligus pengambilan cover para Jamaah.

“Karena banyak nya rentetan Kegiatan yang akan dilaksanakan, maka kami minta para Jamaah agar menjaga kesehatan dan mengikuti pelaksanaan Kegiatan dengan baik, jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang di pahami,” tutur Nya.

Kakan Kemenag juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Rohil yang telah melibatkan pihak Kemenag dalam pelaksanaan kegiatan Manasik Haji tersebut.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Jamaah Haji yang mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati mengajak para jamaah untuk mengucapkan rasa syukur yang besar kepada Allah atas berkah yang  diberikan karena para jamaah bisa berangkat menunaikan Ibadah Haji.

Keberangkatan Jamaah  akan dipusatkan di tiga lokasi yakni Bagan Batu, Ujung Tanjung dan Kecamatan Bangko.

“Ada 270 jamaah yang mengikuti kegiatan Manasik Haji, Kita Pemda Rohil setiap tahun tetap menganggarkan untuk keberangkatan pelaksanaan kegiatan tersebut.  Kita juga menyerahkan bantuan dari pemerintah daerah sebesar 150 riyal untuk setiap jamaah. Sekali lagi kami ucapkan Selamat dan tetap jaga kesehatan, ” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Wakil Bupati dan Forkopimda  menyerahkan secara simbolis jas serta uang saku dari Pemerintah Daerah.**

Related posts